Rabu, 01 Juni 2022

Kata Mutiara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 Untuk FB, WA dan IG

 ALHIDAMART.COM - Kata Mutiara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 Untuk FB, WA dan IG Tepat pada hari Selasa, 1 Juni 2022 masyarakat Indonesia akan merayakan hari lahir Pancasila dan pastinya banyak cara yang dapat dilakukan dan untuk memperingati hari lahir Pancasila seperti salah satunya membagikan gambar hari lahir Pancasila, kata mutiara hari lahir Pancasila, kata bijak hari lahir Pancasila, di media sosial seperti Facebook, whatsApp, sampai Instagram. 


Hari lahir Pancasila jatuh setiap tahunnya yaitu pada tanggal 1 Juni dan pastinya menjadi momen bagi bangsa Indonesia untuk kembali mengenang sejarah masa lampau supaya lebih bersyukur atas kemerdekaan Republik Indonesia dan juga atas lahirnya pancasila yang menjadi dasar negara. Maka bagi anda, ada yang saat ini ingin membagikan ucapan selamat hari lahir Pancasila gambar meme dan sebagainya, bisa membaca artikel kami di bawah ini. 


Sejarah hari lahir Pancasila 


Sebelum anda mengetahui apa saja kata mutiara dalam peringatan hari lahir Pancasila, maka alangkah baiknya untuk mengetahui secara singkat tentang sejarah lahirnya Pancasila di Indonesia. 


Hari lahir Pancasila pertama kali bermula ketika adanya rapat BPUPKI dan menjadi sidang pertama BPUPKI yang berlangsung pada tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945. 


Hari Lahir Pancasila 1 Juni
Hari Lahir Pancasila 1 Juni 



Dalam rapat yang berlangsung di gedung Volksraad atau gedung perwakilan rakyat yang juga dikenal sebagai gedung Chuo Sangi In yang berada di Jalan pejambon 6 Jakarta dan sekarang ini ini disebut dengan Gedung Pancasila. 


Selanjutnya pembukaan rapat berlangsung pada tanggal 28 Mei 1945 dan selanjutnya pada tanggal 29 Mei dibahas terkait dasar negara Indonesia dan Muhammad Yamin menyampaikan lima usulan sebagai dasar negara diantaranya adalah: Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat. 


Selanjutnya hari lahir Pancasila langsung diinisiasi oleh presiden pertama RI yaitu Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 dan Soekarno menyampaikan lima gagasan dasar negara yang ia sebut sebagai Pancasila dan pada akhirnya memperoleh persetujuan dalam sidang BPUPKI. 


Adapun lima dasar yang diusulkan oleh presiden Soekarno yaitu dan Sheila pertama kebangsaan, sila ke-2 Internasionalisme atau perikemanusiaan, sila ke-3 demokrasi, sila ke-4 keadilan sosial, dan sila ke-5 ketuhanan Yang Maha Esa. 


Selanjutnya terbentuklah pembentukan panitia sembilan yang didalamnya berisi: Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA Maramis, dan Achmad Soebardjo dan pada tanggal 22 Juni 1945 pancasila dirumuskan melalui Piagam Jakarta dan selanjutnya pada 18 Agustus 1945, pancasila dinyatakan sah menjadi dasar negara dalam sidang BPUPKI dengan isi Pancasila yang suka dibacakan di sekolah. 


Selanjutnya secara resmi pada tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila di tahun 2016 dan pada waktu itu Presiden Jokowi menyampaikan pada peringatan pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di gedung Merdeka kota Bandung dan selanjutnya hari lahir Pancasila diatur melalui Keputusan Presiden No 24 tahun 2016 yang menetapkan setiap tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional. 


Kata mutiara hari lahir Pancasila 


Berikut ini adalah beberapa contoh kata mutiara atau ucapan selamat dalam peringatan hari lahir Pancasila Iya kami ambil dari berbagai sumber di internet. 





Berbeda-beda akan tetapi tetap satu jua untuk Indonesia tangguh. 


Selamat memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni 2022, tetaplah jaga kebhinekaan, jaga kerukunan, dan saling menghargai dan menghormati. 


Kaulah dasar kokoh penopang negara memberi kita tumpuan untuk meraih cita. Selamat hari lahir Pancasila. 


Rasa cinta kepada tanah air adalah wujud mengenang perjuangan bangsa Indonesia dahulu dan kami ucapkan selamat memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni. 


Marilah bersama-sama indonesia tangguh dan berkeadilan sosial dengan selalu menanamkan nilai Pancasila dalam diri kita masing-masing. 


Pancasila dalam tindakan, bersatu untuk Indonesia tangguh, selamat memperingati hari lahir Pancasila. 


Gambar selamat hari lahir Pancasila 2022  


Selanjutnya Berikut ini adalah beberapa gambar yang bisa kalian gunakan di media sosial dalam memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni. 











Related Posts