Kamis, 22 Juli 2021

Selamat Ulang Tahun BMKG Ke-74

 ALHIDAMART.COM - Selamat Ulang Tahun BMKG Ke-74 Pada hari Rabu 21 Juli 2021 menjadi hari lahir badan meteorologi klimatologi dan geofisika atau BMKG. Usia genap 74 tahun menjadikan BMKG menjadi salah satu badan pemerhati cuaca dan juga kejadian alam yang memang menjadi acuan di Indonesia seperti banjir di beberapa daerah dan juga Fenomena lain, sehingga dengan adanya BMKG ini membuat masyarakat lebih tahu dan waspada terhadap cuaca ekstrem yang ada di Indonesia. 


BMKG adalah salah satu badan dan ini stitusi milik negara yang sukses membangun Pondasi yang Sangat kokoh sebagai satu-satunya organisasi yang memang menyelenggarakan masalah bidang meteorologi klimatologi dan geofisika di Indonesia. Keberadaan BMKG memang sangat penting bagi masyarakat terutama untuk masalah prakiraan cuaca sampai bencana. 


Ulang tahun BMKG 


Usia BMKG genap 74 tahun di mana pada hari Rabu kemarin, badan meteorologi klimatologi dan geofisika merayakan ulang tahun yang biasa berlangsung setiap tanggal 21 bulan Juli. 


Selamat Ulang Tahun BMKG Ke-74 -igbpskabpurworejo
Selamat Ulang Tahun BMKG Ke-74 -igbpskabpurworejo



Menurut kepala BMKG yaitu dwikorita karnawati, selama 74 tahun bMKG selalu melakukan Inovasi dan teknologi dengan tujuan supaya bisa menyikapi secara tepat adanya perubahan yang terjadi di dunia dan juga bisa bersaing dengan persaingan global. 


Tema ulang tahun yang diangkat oleh BMKG pada tahun ini, yaitu mengangkat info BMKG awal Indonesia tangguh dan Indonesia tubuh. 


Menurut dwikorita apabila data dan informasi yang biasa dikeluarkan oleh BMKG memang bisa menjadi rujukan untuk masyarakat yang ada di Indonesia dan bisa menjadi sektor kehidupan bangsa. 


Sedikitnya ada 12 Sektor yang sangat membutuhkan data dan informasi dari BMKG diantaranya transportasi, pembangunan infrastruktur, pertanian dan Kehutanan, kelautan dan Perikanan, tata ruang, bidang kesehatan, bidang pariwisata, bidang pertahanan keamanan, sumber daya alam, sumber daya energi dan pertambangan, bidang industri, dan yang terakhir penanggulangan bencana. 


12 sektor di atas memang sangat tergantung dengan BMKG dalam melakukan pemberitahuan terkait cuaca dan iklim yang ada di Indonesia terutama di berbagai wilayah di tanah air. Sehingga BMKG bisa menjadi salah satu badan yang real Time menginformasikan tentang cuaca. 


Teknologi BMKG 


Sekarang ini BMKG sudah mempunyai teknologi yang sudah sangat maju, misalnya saja untuk layanan informasi gempa bumi dan tsunami sudah menggunakan internet of thing dunkin artifisial intelijen. Malahan BMKG dipercaya sebagai tsunami service provider yang bertugas memberikan informasi peringatan dini terjadinya tsunami untuk 28 negara di Samudra Hindia. 


Related Posts