Sabtu, 16 November 2019

Mengenal Penyebab, Ciri dan Pencegahan Penyakit Stunting Pada Anak

ALHIDAMART.COM - Mengenal Penyebab, Ciri dan Pencegahan Penyakit Stunting Pada Anak Sampai sekarang ini banyak sekali penyakit yang berbahaya untuk anak yang patut diketahui oleh kita semua sebagai orang tua supaya anak tercinta bisa tumbuh sehat dan juga normal termasuk salah satunya yang harus diketahui adalah stunting anak. Banyak diantara orang tua yang belum memahami dan mengerti tentang arti stunting adalah, padahal masalah stunting sangat berakibat fatal jika tidak diketahui penyebab stunting, ciri stunting, dan cara pencegahan penyakit stunting pada anak dan oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas secara tuntas terkait pemahaman stunting pada anak.

Stunting adalah sebuah kondisi disaat anak lebih pendek jika dibandingkan anak lain seusianya atau bisa diartikan, stunting pada anak adalah tinggi badan anak berada di bawah standar anak pada umumnya di mana Untuk standar yang digunakan sebagai acuan penting adalah kurva pertumbuhan yang sudah dibuat oleh badan kesehatan dunia atau WHO. Indonesia sendiri menjadi negara di posisi ketiga yang mempunyai stunting terbanyak tahun 2018. Walaupun sekarang ini jumlahnya semakin menurun karena adanya beberapa pahlawan stunting yang selalu memperhatikan masalah ini, akan tetapi stunting masih tetap harus diwaspadai oleh kita semua.

Pengertian stunting 

Stunting Anak - IGduniaparentskids
Stunting Anak - IGduniaparentskids


Seperti yang telah kami bahas di atas apabila stunting adalah sebuah kondisi pada anak yang mempunyai tinggi tubuh tidak sesuai mestinya jika dibandingkan dengan anak normal atau bisa diistilahkan, anak yang mengalami stunting mempunyai tinggi tubuh yang lamban dengan pertumbuhan badan yang tidak normal seperti anak pada umumnya.

Penyebab stunting pada anak 


Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan terjadinya stunting pada anak yang harus diketahui diantaranya adalah sebagai berikut:


  1. Anak mengalami kekurangan gizi kronis sehingga hal ini bisa mengakibatkan pertumbuhan anak terganggu dan mengakibatkan stunting 
  2. Orangtua tidak menyadari terkait kebutuhan gizi pada anak sejak di dalam kandungan sampai lahir dan dewasa 
  3. Tidak disediakannya asupan makanan yang bergizi pada anak oleh orang tua mengakibatkan anak mengalami stunting 
  4. Adanya faktor yang mengakibatkan anak stunting yaitu masalah kesehatan ibu yang kurang diperhatikan seperti diantaranya ibu terinfeksi, ibu hamil mengalami gangguan mental, jarak kelahiran anak yang terlalu pendek, dan ibu mengalami hipertensi. 
  5. Pelayanan kesehatan atau sanitasi yang tidak bersih termasuk diantaranya adalah air bersih yang dikonsumsi oleh ibu hamil yang bisa mengakibatkan stunting pada anak. 


Cara mencegah stunting anak 


Dibawah ini adalah cara pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah stunting anak diantaranya adalah sebagai berikut:


  1. Memberi makanan dan asupan yang bergizi sejak ibu hamil 
  2. Memenuhi gizi anak setelah bayi lahir 
  3. Memenuhi gizi anak setelah mereka remaja 
  4. Selalu mengkonsumsi air bersih ketika diminum 
  5. Apabila ada gejala yang aneh ketika anak dalam kandungan atau baru lahir maka direkomendasikan untuk dilakukan pemeriksaan kepada dokter kandungan 
  6. Adanya perhatian khusus dari masyarakat terkait stunting yang memang jarang diketahui masyarakat Indonesia. 


Pahlawan stunting di Indonesia 


Di bawah ini adalah daftar 10 pahlawan pencegahan stunting di Indonesia yang belum lama ini diberikan apresiasi oleh pemerintah dikarenakan mereka sudah mampu menjadi sosok pahlawan dalam mencegah stunting 2019.


  1. Ratna megawangi 
  2. Selina Patta Sumbung 
  3. Zack Petersen 
  4. Robyn soetikno 
  5. Stevia angesti 
  6. Meity H.W. Monteiro 
  7. Arifin Ahmad 
  8. Noer Wulan Sari Kaban 
  9. Heri Kurniawan


Related Posts